featured-image

Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menyewa VPS

Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menyewa VPS – Para penyedia layanan shared hosting umumnya memiliki batas tertentu untuk pemakaian resource di server. Ini dilakukan untuk mengantisipasi pemakaian yang terlalu berlebihan di satu akun. Serta bisa menyebabkan akun lainnya mengalami gangguan.

Ketika sudah melebihi kapasitas, maka server umumnya akan menonaktifkan akun web hosting dengan otomatis. Dengan begitu situs web tersebut tidak akan bisa diakses. Jika anda bertanya pada layanan support, maka umumnya akan direkomendasikan untuk menyewa VPS. Lalu, apa saja sebenarnya alasan penting kenapa anda harus menyewa VPS?, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Untuk Membuat Beberapa Akun Hosting di Satu VPS

Untuk Membuat Beberapa Akun Hosting di Satu VPS

Di layanan shared hosting yang biasa, anda sebagai pengguna hanya dapat menambah domain pada satu akun hosting saja. Hal ini berbeda ketika anda memakai VPS dimana anda bisa memasang panel Web Host Manager. Atau WHM serta untuk membuat beberapa akun cPanel di satu VPS.

2. Menjalankan Sistem Selain Web Hosting

Menjalankan Sistem Selain Web Hosting

VPS sendiri tidak hanya bisa anda gunakan untuk menyimpan file di satu situs web. Namun juga bisa anda pakai untuk menyimpan banyak jenis file. Atau bahkan untuk dijadikan tempat penyimpanan file atau cloud storage seperti Dropbox, Google Drive dan juga One Drive.

Caranya sendiri juga sangat mudah yakni hanya perlu memasang Owncloud pada server VPS. Kemudian mengunggah beberapa file memakai user interface menarik. Selain itu, anda juga bisa memakai aplikasi ketiga yakni FTP meski caranya lebih sulit sebab harus memakai teks perintah.

3. Memperoleh Akses Root

Memperoleh Akses Root

VPS juga bisa memenuhi kebutuhan akan kustomisasi konfigurasi. Anda nantinya bisa menginstal beberapa buah aplikasi tambahan. Hal ini tidak dapat anda lakukan pada shared hosting memakai akses root yang diperoleh ketika menyewa VPS.

Apabila pengembangan situs memakai Laravel, maka akan ada sedikit kendala pada shared hosting. Ini di sebabkan butuh akses menuju shell namun masih bisa teratasi jika anda memakai VPS. VPS juga bisa anda manfaatkan untuk pengguna PHP yang mau kustomisasi beberapa modul. Atau memakai beberapa versi PHP di beberapa situs web yang berbeda.

4. Upgrade di Kapasitas Penyimpanan Tanpa Migrasi

Upgrade di Kapasitas Penyimpanan Tanpa Migrasi

Kelebihan lain yang bisa anda peroleh ketika menyewa VPS adalah bisa mengupgrade kapasitas penyimpanan tanpa melakukan migrasi. Ketika menyewa VPS, maka saat melakukan upgrade paket memiliki penyimpanan paket yang berbeda beda.

Saat anda sudah memakai paket yang tertinggi namun masih butuh resource besar. Maka masih bisa dilakukan dengan peminddahan yang hanya harus dilakukan dengan konfigurasi panel Cloud VPS.

5. Bebas Melepas dan Memasang Perangkat Lunak

Bebas Melepas dan Memasang Perangkat Lunak

Ketika menyewa VPS, anda sebagai pengguna juga bisa menentukan perangkat lunak mana saja yang paling anda butuhkan. Anda juga bisa melepas perangkat lunak yang tidak anda butuhkan. Selain itu, anda juga bisa menambah beberapa aplikasi yang diperlukan sistem yang nantinya akan dibangun. Dengan begitu, anda dapat membuat panel seminimal mungkin yang sesuai dengan keperluan sistem.

6. Bisa Disesuaikan Dengan Keperluan

Bisa Disesuaikan Dengan Keperluan

Panel yang disediakan untuk VPS tidak hanya sebatas EHM. Namun juga ada banyak pilihan panel yang bisa ditambahkan seperti VestaCP atau Webuzo.

7. Fleksibel Dalam Pengaturan Keamanan

Fleksibel Dalam Pengaturan Keamanan

Saat anda menyewa VPS, maka sistem operasi sudah ditentukan penyedia ketika pertama kali dijalankan. Pengaturan keamanan yang digunakan juga sangat sederhana sehingga kadang dubutuhkan konfigurasi ulang.

Anda juga bisa membuat versi keamanan yang jauh lebih baik lagi. Contohnya menutup port yang tidak digunakan. Atau menambah sistem firewall lainnya termasuk juga untuk mengatasi virus yang terkadang muncul tiba tiba.

8. Server Stabil

Server Stabil

Umumnya ketika memakai shared hosting, sumber daya VPS jauh lebih besar namun dengan harga yang bisa dikatakan hampir sama. Anda sebagai pengguna juga bisa menambah kapasitas bandwidth, RAM serta CPU yang tidak dapat dilakukan ketika memakai layanan shared hosting.

9. Tersedia IP Dedicated Tanpa Biaya Tambahan

Tersedia IP Dedicated Tanpa Biaya Tambahan

Ketika anda menyewa VPS, maka anda akan diberi alamat IP khusus yang nantinya hanya dapat dimiliki server tersebut. Alamat IP tersebut bisa dipakai untuk akses server memakai SSH. Atau bisa juga dengan mengakses file di browser memakai alamat IP dan bukan domain. Untuk itu, alamat IP bisa dipakai untuk mengganti domain.

Sementara jika anda memakai shared hosting, maka harus ada biaya tambahan. Ini penting supaya bisa memiliki alamat IP dedicated sebab dalam shared hosting hanya satu IP yang bisa dipakai beberapa pengguna.

Baca Juga: Panduan Dasar Domain Untuk Pemula

10. Dapat Melakukan Update Lebih Tinggi

Dapat Melakukan Update Lebih Tinggi

Di server VPS, tingkat masalah yang dialami bisa dikatakan lebih sedikit. Ini disebabkan karena pemakai tidak sebanyak shared hosting. Untuk itu, apabila terjadi masalah di satu server, umumnya tidak akan memberikan pengaruh ke server lain. Tidak hanya itu, umumnya VPS juga memakai teknologi cloud VPS serta kualitas data center yang dipakai.

Bisa dikatakan, layanan cloud VPS dapat memberikan solusi menarik. Ini nantinya bisa dirasakan pengguna shared hosting yang telah mengalami pertumbuhan pengguna signifikan. Dengan begitu, maka situs web yang anda miliki bisa menampung lebih banyak jumlah pengunjung.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?