/
Welcome Guest!
featured-image

Bagaimana cara merawat hosting

Bagaimana Cara Merawat Hosting

Sebagian orang biasanya tak pernah tahu apakah hosting sendiri perlu dirawat atau tidak. Padahal perawatan hosting sendiri sangat diperlukan untuk memaksimalkan peforma dari kinerja web yang anda miliki. Jika peforma dari web anda menjadi menurun, bukan hal yang tidak mungkin jika para pengunjung sedikit demi sedikit mulai beranjak dari web anda tersebut.

Tentu anda tidak mau bukan jika hal tersebut sampai terjadi?

Nah jika anda tidak ingin para pengunjung banyak yang kabur, tentu diperlukan yang namanya perawatan hosting untuk menjaga dan memaksimalkan peforma dari web anda tersebut. Inilah beberapa hal yang harus anda lakukan dalam upaya merawat hosting web anda, antara lain sebagai berikut :

1.Jangan Lupa untuk Rutin Melakukan Check Kapasitas dari Hosting yang Anda Gunakan

Aktivitas padat dan banyaknya data yang ada pada website, tentu akan menguras kapasitas dari hosting web itu sendiri. Jika beban data yang harus ditanggung sudah cukup berat, maka anda harus melakukan langkah cepat seperti halnya menambah kapasitas dengan menghubungi pihak penyedia layanan ataupun melakukan penghapusan data yang kira – kira tidak terlalu diperlukan tapi membutuhkan kapasitas besar dalam penyimpanan.

Dalam hal ini melakukan pengecekan rutin secara berkala terhadap kondisi kapasitas dari hosting anda tidak boleh dilewatkan. Karena dengan mengetahui sejak dini kondisi kapasitas hosting, maka anda bisa mengambil langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga dan memaksimalkan peforma dari web anda tersebut.

Untuk bisa memerikasanya anda bisa masuk ke Cpanel terlebih dahulu. Silahkan akses https://namadomainanda.com/cpanel, secara otomatis anda akan dibawa ke halaman login dari Cpanel. Kemudian anda bisa cari salah satu fitur yang menyediakan data mengenai kapasitas hosting. Fitur yang dimaksud adalah Disk Usage. Cukup mengkliknya saja, anda akan dibawa ke halaman yang nantinya menampilkan detail dari semua data yang disimpan disana dan berapa banyak kapasitas hosting yang sudah digunakan.

2.Usahakan untuk Melakukan Pengecekan File Secara Rutin Pada Hosting Anda

Cara kedua ini juga sebaiknya tidak anda abaikan karena penting untuk menjaga peforma dari web anda. Anda juga bisa melihatnya di laman Cpanel. Disana anda akan bisa melihat file apa saja yang tersimpan.

Jika terdapat file aneh dan asing, tapi anda tidak paham, sebaiknya anda bisa konsultasikan kepada pihak penyedia layanan jasa hosting untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau bahkan mendapatkan solusi terbaik.

Jangan asal hapus terlebih dahulu jika memang anda tidak paham betul mengenai file asing tersebut. Untuk proses pengecekan file ini bisa anda lakukan setidaknya 1 kali dalam kurun waktu 1 minggu.

Jika anda tidak mau direpotkan terhadap proses perawatan yang harus dilakukan, maka anda bisa memanfaatkan layanan maintenance dari pihak penyedia layanan jasa hosting. Biasanya saat awal pembelian hosting, beberapa penyedia layanan jasa hosting memberikan penawaran maintenance gratis  dalam jangka waktu tertentu.

Untuk itu, sebagai konsumen anda harus lebih jeli memilih penyedia layanan hosting ya. Namun jika memang tidak ada penawaran maintenance gratis, anda bisa menggunakan layanan berbayar dari pihak penyedia layanan hosting tersebut.

Saya tekankan lagi, jangan ambil resiko untuk tidak melakukan pengecekan file. Karena keusilan cracker yang bisa saja meletakkan file berbahaya akan membuat anda menjadi rugi karena web mengalami masalah.

3.Lakukan Pengecekan Secara Berkala Inbox Email

Jangan anggap remeh dari setiap inbox yang masuk ke inbox email anda. Perhatikan dengan baik apakah ada inbox email yang dirasa mencurigakan seperti email adsense. Jika perlu hapus secara permanen adsense tersebut agar lebih aman.

Dikhawatirkan jika anda membiarkan inbox email berupa adsense tersebut adalah salah satu trik yang dilakukan oleh cracker untuk menyusup ke hosting anda. Jika sudah berhasil menyusup, dampak paling buruk bagi web anda adalah penyalahgunaan data oleh cracker atau bahkan web tersebut tidak bisa diakses.

Hal tersebut tentu akan membuat anda jadi rugi bukan? Tidak hanya rugi dari segi finansial saja, melainkan waktu dan peluang besar kesuksesan web tersebut harus terhenti. Karena persaingan tak sehat dalam dunia web sudah tidak asing lagi.

Bagi seorang pemula, terkadang untuk bisa masuk ke email hosting ada sebagian yang merasa kebingungan. Caranya cukup mudah kok, anda hanya perlu mengakses https://namadomaianda.com/webmail, kemudian anda akan dibawa ke laman login email hosting tersebut. Nah setelah berhasil login, maka anda sudah bisa melakukan pengecekan terhadap inbox email yang masuk.

Melihat web anda banjir pengunjung, kompetitor yang tidak ingin melihat anda lebih sukses, tentu akan melakukan berbagai cara termasuk menjadi cracker untuk mengobrak – abrik web anda tersebut. Jadi untuk menghindari hal buruk terjadi pada web anda, saya tekankan lagi untuk memperhatikan inbox email dalam rangka melakukan perawatan terhadap hosting yang anda gunakan.

Dengan menyimak informasi yang sudah saya ulas di atas mengenai panduan bagaimana cara merawat hosting, diharapkan anda mulai dari sekarang lebih memperhatikan kondisi dari hosting anda tersebut dan tidak lagi membiarkan begitu saja karena ketidakpahaman. Semoga bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi anda semua.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.