featured-image

6 Platform CMS Untuk Membuat Website Terbaik dan Gratis

CMS merupakan aplikasi sistem manajamen konten yang bisa anda pakai untuk publish serta mengelola konten web dengan intuitif. Contohnya CMS bisa dipakai sebagai text editor seperti Notepad, TextEdit dan sebagainya.

Bisa dikatakan, CMS merupakan solusi untuk membuat website serta untuk mengelola konten yang ada di dalamnya. CMS juga bisa dipakai untuk membuat blog yang sederhana, portofolio, website tutorial dan lain sebagainya. Berikut akan kami berikan platform CMS terbaik untuk membuat website yang bisa anda pakai secara gratis dan paling banyak digunakan.

1. WordPress

WordPress

 

Platform CMS pertama yang bisa anda pakai secara gratis adalah WordPress. Platform ini sangat mudah untuk dipakai dan bahkan juga dapat dimodifikasi seperti keinginan pengguna dengan cara menginstall tema serta plugin lebih dulu.

WordPress bisa memberi kemudahan untuk manajemen konten sehingga anda bisa membuat halaman serta postingan yang baru dengan mudah. Selain itu, ada beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh ketika memakai WordPress, seperti:

  • Memberikan pilihan publishing serta manajemen konten intuitif.
  • Memberikan editor powerful untuk format konten secara mudah.
  • Bisa dikonfigurasi dengan mudah sebab disediakan ribuan plugin serta tema.
  • Mempunyai komunitas yang solid dan juga besar.

2. Joomla

Joomla

 

Joomla juga menjadi software CMS terbaik sesudah WordPress meski memang untuk cara mengelolanya tidak semudah memakai WordPress. Namun, Joomla tetap menjadi pilihan terbaik untuk anda yang mengelola cukup banyak custom post type. Ini mengartikan jika Joomla menjadi pilihan yang paling tepat jika anda ingin menjalankan sebuah website yang tidak sepenuhnya hanya fokus pada konten teks saja.

Joomla juga memberikan anda bantuan berupa multibahasa sehingga anda tidak perlu menginstall plugin atau ekstensi tambahan pilihan bahasa ke dalam situs. Ada beberapa keunggulan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan Joomla, seperti:

  • Memberikan support yang maksimal untuk custom post types.
  • Memberikan support multibahasa.
  • Memberikan pilihan manajemen user tingkat lanjut.
  • Menyediakan template unik yang bisa dipakai untuk semua tipe halaman.

3. Drupal

Drupal

 

Drupal mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan Joomla seperti sistem yang fleksibel dalam mengelola custom post type, menangani situs multibahasa dan sebagainya. Namun, Drupal juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Joomla seperti sistem taksonomi yang dimiliki Drupal lebih powerful dibandingkan dengan CMS kompetitor. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Drupal, seperti:

  • Menyediakan pembuatan custom post serta sistem manajemen fleksibel.
  • Memberikan manajemen user serta pengaturan permission tingkat lanjut.
  • Memberikan sistem keamanan yang paling baik untuk website anda.
  • Memberikan sistem taksonimi yang lebih detail.

4. Typo3

Typo3

 

Jika selama ini anda hanya mengetahui beberapa platform CMS seperti Joomla, WordPress atau Drupal, ternyata masih ada CMS populer lain yang juga banyak digunakan meski kurang populer, yakni Typo3. Jika berbicara tentang kemudahan, Typo3 ini sebenarnya bukan jawaban terbaik karena lebih tepat digunakan untuk user yang memang sudah ahli dan memiliki kemampuan pada bidang pengembangan website.

Typo3 tidak tepat digunakan untuk website yang sederhana atau kecil. Meski begitu, platform CMS ini menyediakan banyak fitur yang luar biasa termasuk juga untuk bantuan multibahasa. Selain itu, ada beberapa keunggulan lain yang bisa anda peroleh ketika menggunakan Typo3, seperti:

  • Ini merupakan platform pilihan terbaik untuk situs yang berada di level enterprise.
  • Bisa memudahkan anda dalam mengelola banyak situs hanya dari 1 instalasi.
  • Bisa mengelola website multibahasa.
  • Bisa membagi data serta tool untuk beberapa website.

5. Serendipity

Serendipity

 

Serendipity adalah platform CMS yang berbeda dengan Typo3 sebab sangat mudah dipakai jika hanya ingin membuat web yang sederhana saja seperti contohnya membuat blog. Meski bisa dikatakan ringan, namun tidak berarti pilihan fitur yang disediakan juga sedikit karena punya pengaturan caching dinamis bawaan didalamnya.

Dari segi fungsionalitasnya, anda juga bisa melakukan modifikasi platform dengan memakai plugin serta tema dan anda juga dibebaskan untuk memakai plugin spesifik untuk plugin front atau juga untuk back end sehingga pencarian tool bisa dilakukan semakin mudah. Untuk beberapa keunggulan yang ditawarkan platform CMS Serendipity diantaranya adalah:

  • Punya banyak tema serta plugin yang bisa sangat membantu dalam membuat website.
  • Menjadi pilihan terbaik untuk website yang lebih mementingkan dari segi performa.

Baca Juga: VPX XII Murah

6. Dotclear

Dotclear

 

Jika anda mau memperoleh banyak pengalaman serta kemudahan ketika membuat blog, maka gunakan platform CMS bernama Dotclear ini. Meski Dotclear belum terlalu banyak digunakan, namun platform ini menyediakan banyak pilihan dalam mengedit konten sehingga bisa dikatakan hampir sama seperti WordPress.

Anda bisa menemukan beberapa pilihan saat ingin publish, memanajemen, memposting serta taksonomi. Dotclear bisa membantu anda untuk menulis postingan berbentuk HTML, teks dan juga Wiki syntax serta membuat RSS feed. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa anda dapatkan ketika memakai platform Dotclear, seperti:

  • Mendukung HTML, plain teks dan juga Wiki syntax.
  • Mudah dipakai dan juga untuk setup.
  • Bisa mempermudah anda dalam membuat RSS feed pada situs.
Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?