/
Welcome Guest!
featured-image

Domain Authority dan Perbedaanya Dengan Page Authority

Domain authority mungkin anda sudah sering anda dengar dan juga membaca berbagai artikel tentang cara meningkatkan domain authority untuk mendapatkan peringkat atas di Google.

Lalu, apa itu sebenarnya domain authority dan kenapa bisa berpengaruh pada rank website di halaman pencarian?, berikut panduan selengkapnya untuk anda dan jangan lupa juga untuk membaca cara optimasi SEO on page pada website.

 

Definisi Domain Authority

Domain Authority atau DA adalah acuan mesin pencari untuk memberikan peringkat pada sebuah situs web atau blog. Mesin pencari seperti Google nantinya akan memberikan peringkat sebuah situs atas dasar 3 hal, yakni:

  1. Umur Domain

Semakin lama umur domain tersebut dan semakin aktif kegiatan dalam domain, maka akan semakin tinggi DA domain tersebut. Ini akan menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domain. Google akan menganggap jika website atau domain layak dinilai tinggi dan penilaian tersebut juga akan berpengaruh pada peringkat di halaman hasil pencarian.

  1. Popularitas Domain

Populer atau tidaknya sebuah situs bisa dilihat dari jumlah link yang masuk lewat beberapa situs berkualitas. Ini disebut dengan Inbound Link yang mengartikan pemberian rekomendasi terhadap situs anda atau backlink.

Inbound Link tersebut bisa dilakukan dengan cara ikut berkomentar di situs atau blog lain atau blogwalking dan anda juga bisa aktif dalam mempromosikan domain dalam sebuah forum yang berhubungan.

Beberapa hal tersebut merupakan cara efektif supaya anda bisa mendongkrak banyak pengunjung website hasil dari semakin menguatnya domain yang anda miliki di SERP [Search Engine Result Page] yakni halaman dari hasil penelusuran kata kunci pada mesin pencari.

  1. Ukuran dari Domain

Ukuran domain yang dimaksud dilihat dari banyaknya jumlah konten yang sudah anda publikasikan pada web. Semakin banyak jumlah konten atau posting, maka semakin besar ukuran domain yang anda miliki.

Inilah yang menyebabkan kenapa blogger teratur dalam membuat konten setiap hari. Akan tetapi, konten yang banyak belum cukup karena mesin pencarian seperti Google juga akan menilai kualitas konten tersebut.

Dari 3 faktor itu, maka mesin pencari bisa menentukan Peringkat Authority dari sebuah website. Domain authority tersebut adalah satu dari beberapa faktor lain yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan mesin pencari pada sebuah situs.

 

Apa Beda Domain Authority dan Page Authority?

Selain domain authority, anda mungkin juga sering mendengar istilah page authority. Keduanya sama sama merupakan barometer baik dalam sebuah website atau halaman website yang berkualitas untuk mesin pencari.

Bisa dikatakan jika Domain Authority merupakan penilaian sebuah properti rumah secara menyeluruh, sedangkan Page Authority merupakan penilaian pada salah satu ruang dalam properti tersebut.

Agar kinerja SEO bisa maksimal, DA dan PA tersebut harus berjalan bersamaan dan keduanya harus ditingkatkan sebagai pengelola website.

 

Bagaimana Cara Uji Domain Authority?

Sekarang ini, sudah banyak alamat situs yang bisa anda pakai untuk cek poin DA dari situs anda dan hasilnya adalah berbentuk kumpulan data.

Poin Domain Authority umumnya akan ditetapkan pada hitungan 0 hingga 100. Jika nilai DA semakin tinggi, maka bisa dinyatakan sebagai website berkualitas oleh mesin pencari seperti Google. Ada beberapa situs besar yang bisa berpengaruh pada nilai DA seperti CMS platform WordPress.

Apabila anda menggunakan WordPress, maka Domain Authority mempunyai poin yang tinggi sekitar 90 sebab memakai subdomain yang sudah populer.

Salah satu jenis tool yang bisa digunakan untuk menguji otomatis page rank adalah add on SEO yang bisa anda pasang pada browser Chrome serta Mozilla secara gratis. Untuk instalasi bisa dilakukan dengan mudah yakni mengunduhnya sebagai extension.

Sesudah add on terpasang di browser, makan anda bisa langsung mengetahui PA dan juga DA sebuah situs yang sedang anda kunjungi.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.