/
Welcome Guest!
featured-image

Strategi Content Marketing Terbaik Untuk Pemasaran Bisnis

Strategi content marketing diartikan sebagai strategi marketing yang fokus untuk membuat serta mendistribusikan konten relevan, berharga dan juga konsisten dengan tujuan untuk memperoleh audience dan tentunya menghasilkan keuntungan dalam bisnis.

Strategi content marketing menjadi satu cara efektif untuk pebisnis online agar bisa memasarkan bisnis sebab para pelanggan hanya akan berinteraksi pada konten yang menarik minat berbeda dengan marketing tradisional dan anda bisa membaca pengertian dan cara kerja content agar bisa memahami lebih lanjut.

Strategi content marketing sendiri dianggap sebagai sebuah strategi marketing yang wajib dilakukan sebab konten sendiri nantinya yang akan berkomunikasi langsung pada para pelanggan.

Dengan adanya konten, maka anda bisa meningkatkan komunikasi antara merek dengan klien. Agar lebih jelas, berikut kami berikan beberapa strategi content marketing terbaik untuk pemasaran bisnis.

 

  1. Tentukan Apa Tujuan Marketing Anda

Strategi content marketing pertama adalah mengetahui apa sebenarnya tujuan dari content marketing yang anda miliki.

Apa alasan perencanaan content marketing, tujuan, hal yang membuat anda tertarik untuk membuat konten dan lain sebagainya akan membantu untuk menentukan hal apa saja yang tepat untuk masuk dalam strategi content marketing yang anda miliki.

 

  1. Research Buyer Persona

Agar bisa membuat strategi yang berhasil, maka anda harus mengetahui tentang target dari audience yang juga disebut dengan buyer persona.

Untuk anda pemula dalam bidang marketing, maka buyer pertama menjadi hal penting yang harus anda perhatikan.

Jika anda mengetahui target audience, maka nantinya anda bisa membuat konten yang lebih berhubungan dan juga menarik untuk audience supaya mereka mau membeli jasa atau produk yang akan anda tawarkan.

Apabila anda sudah berpengalaman dalam bidang marketing, maka target audience mungkin saja berubah seperti menargetkan audience baru, memperluas audience dan menargetkan audience yang sama sehingga anda bisa mengevaluasi kembali strategi marketing yang anda miliki.

 

  1. Audit Konten

Banyak orang yang memulai content marketing dengan cara membuat blog post. Namun sebenarnya, anda juga bisa membuat jenis konten lain yang anda anggap bisa membantu bisnis anda.

Sebagai contoh, jika anda posting blog post di setiap minggu, maka anda bisa membuat ebook untuk mencampur beberapa blog post dengan tema sama untuk dijadikan sebagai panduan lengkap.

Jika anda sudah membuat banyak konten, maka sebaiknya lakukan evaluasi dan juga review konten yang sudah anda buat tersebut. Kemudian, lihat hasilnya apakah bisa membantu conversion rate atau mungkin bisa meningkatkan brand awareness dan juga traffic website yang anda miliki.

Dari sini, anda bisa memikirkan langkah apa yang sebaiknya anda lakukan pada tahun berikutnya.

 

  1. Pilih Content Management System

Content management system merupakan aplikasi komputer untuk mendukung modifikasi dan pembuatan konten digital.

Ada beberapa fitur yang harus anda dalam sebuah content management system yakni content creation [pembuatan konten], content publication [perilisan konten] serta content analytics [analisis konten].

 

  1. Pilih Ide Content Marketing

Sesudah melakukan beberapa strategi di atas, maka anda bisa memulai ide untuk konten selanjutnya dan berikut adalah beberapa tools yang bisa anda pakai:

What to Write

Tool ini akan memberikan beberapa pertanyaan yang bisa membantu memulai brainstorming serta menghasilkan beberapa ide posting blog sesudah anda menyelesaikan pertanyaan. Dengan begitu,anda bisa memakai ide tersebut untuk rencana pemasaran konten yang anda miliki.

Feedly

Ini adalah cara yang baik untuk mencari topik yang sedang populer pada industri yang anda jalani dan juga untuk menemukan ide konten.

BuzzSumo

Pada BuzzSumo, anda bisa menemukan ide konten dan juga konten populer memakai share sosial media untuk menentukan ada tidaknya konten yang disukai dan populer sehingga bisa membantu anda untuk melihat ide konten mana saja yang bisa memberikan hasil.

Content Forest

Ini merupakan tool gratis yang bisa membantu anda dalam menemukan konten populer dari kompetitor, kata kunci untuk digunakan dalam konten yang anda miliki dan juga ide konten dalam 1 tempat.

Blog Post Headline Analyzer

Tool ini berguna untuk menganalisis headlines dan juga title serta memberi feedback tentang volume kata kunci, tata bahasa, kata pilihan dan juga kata kunci yang panjang.

Dari ulasan di atas bisa terlihat jika memang ada banyak yang harus dikerjakan untuk melakukan content marketing dari mulai waktu, organisasi serta kreativitas untuk mengembangkan strategi pemasaran konten yang berhasil.

Dengan beberapa strategi di atas, maka anda nantinya akan bisa membangun pondasi rencana content marketing dengan baik sekaligus tidak merepotkan.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.