featured-image

Ide Marketing Agar Bisa Bertahan Saat Pandemi Virus Corona

Dunia sekarang ini memang sedang berhadapan dengan masalah serius yakni pandemi coronavirus atau virus covid-19. Tidak hanya mengkhawatirkan untuk kesehatan tubuh manusia, namun masalah ini juga berpengaruh pada perputaran uang, bisnis dan juga finansial secara global.

Wabah ini sudah membuat ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia jadi sangat terhambat. Namun untuk anda para pemilik bisnis, ada baiknya tidak langsung panik sebab masih ada tips marketing yang bisa digunakan supaya bisa tetap menjalankan bisnis dengan baik di tengah wabah virus corona ini.

 

1. Pastikan Tetap Terhubung Dengan Pelanggan di Medsos

Pastikan Tetap Terhubung Dengan Pelanggan di Medsos

 

Saat sedang menghadapi momen kritis seperti sekarang ini, maka bisa dikatakan semua terkena dampak dari virus corona tanpa terkecuali.  Semua toko menjadi sepi termasuk juga bioskop, pusat perbelanjaan serta cafe yang juga sepi pengunjung sebab semua orang terpaksa berada di rumah.

Sebelum anda terkena dampak langsung, maka tentu tindakan pencegahan sangat penting dilakukan. Ini menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan rasa empati pada orang lain sebisa yang anda lakukan. Anda harus bisa lebih peka serta tidak memaksakan penjualan dengan cara hard selling.

Namun, ini sebenarnya juga menjadi peluang besar untuk brand anda agar bisa lebih menonjol dengan cara tetap aktif serta terhubung dengan audiens di medsos.

Karena hampir semua orang melakukan karantina, maka pemakaian media sosial juga bertambah aktif sebab ini adalah cara agar bisa tetap terhubung dengan banyak orang walau tidak meninggalkan rumah. Ini bisa dijadikan potensi yakni bisnis dipakai untuk berkontribusi dalam memberikan layanan gratis selama periode tertentu atau biasa disebut dengan free trial.

Selain itu, anda juga bisa membantu orang yang sedang membutuhkan atau mmberi informasi konten yang positif serta memiiki sifat memotivasi dan juga menghibur. Selain itu, pastikan juga untuk mempromosikan perbuatan baik di medis sosial sehingga brand anda bisa semakin dibangun.

 

2. Pastikan Bisnis Bisa Ditemukan Secara Online

Pastikan Bisnis Bisa Ditemukan Secara Online

 

Saat seperti sekarang ini, tentunya semakin banyak orang yang beralih ke dunia online. Jika dilihat secara umum, maka lalu lintas pencarian online juga meningkat drastis dan akan terus mengalami peningkatan selama masih banyak orang yang tetap tinggal di rumah.

Semua orang nantinya akan berburu informasi terbaru lewat laptop, komputer dan ponsel termasuk untuk berbelanja online. Untuk itu, pastikan brand yang anda miliki juga bisa ditemukan di medis sosial termasuk halaman utama di mesin pencarian.

 

3. Lebih Terdepan Dibandingkan Kompetitor

Lebih Terdepan Dibandingkan Kompetitor

 

Baik itu secara pesain sosial, campaign atau online presence pada mesin pencarian, usahakan untuk selalu menjadi yang pertama dan diperhatikan oleh target audience. Dengan begitu, nantinya target audience bisa fokus pada brand anda dan bukan pada kompetitor. Agar bisa sampai ke tahap tersebut, maka diperlukan strategi sera timeline yang harus dipersiapkan dengan sangat baik.

SEO serta iklan PPC digital dapat anda pertimbangkan sebagai langkah bagus untuk mewujudkannya. Akan lebih jika anda bisa mengombinasikannya dengan strategi iklan yang lain yang bisa diluncurkan sesudah wabah ini berakhir. Ini nantinya berguna untuk meningkatkan brand recall pelanggan pada brand yang anda miliki serta membuat bisnis anda semakin diingat dan terdepan.

 

Baca Juga: Plugin Advertising WordPress Paling Baik

 

4. Berikan Penawaran Khusus Seperti Diskon

Berikan Penawaran Khusus Seperti Diskon

 

Di saat kondisi yang sedang tidak pasti seperti sekarang ini, menarik para pelanggan sebanyak mungkin merupakan cara terbaik supaya bisnis anda bisa tetap stabil. Mengingat daya beli sekarang ini yang sedang naik turun, maka sangat penting untuk memperoleh pemasukan serta menjaga pelanggan. Caranya, anda bisa menawarkan diskon khusus sehingga pendapatan bisa terus mengalir.

Tentukan mana produk yang paling diminati serta buat penawaran khusus yang nantinya bisa menjaring para pelanggan baru. Atau, ini juga bisa dijadikan cara untuk mempertahankan pelanggan agar tetap melakukan pembeliann. Pastikan anda mengemas diskon secara menarik serta sampaikan pada pelanggan lewat medsos atau channel lainnya.

 

5. Pastikan Anda Menjadi Brand yang Tanggap Akan Situasi

Pastikan Anda Menjadi Brand yang Tanggap Akan Situasi

 

Di situasi yang terus berubah seperti sekarang ini, maka anda harus menumbuhkan empati supaya bisnis yang sedang anda jalankan bisa tetap lancar. Berikan transparansi pada setiap konsumen tentang usaha yang dilakukan pada kondisi seperti sekarang ini.

Jika anda punya bisnis cattering atau rumah makan, maka anda bisa menyampaikan jika anda  sudah sesuai dengan prosedur seperti tim dan chef yang mempersiapkan makanan dengan menggunakan masker, sarung tangan dan kotak makanan yang sudah teruji kebersihannya.

Sedangkan jika anda punya bisnis offline, maka bisa menyampaikan pada pelanggan jika sekarang anda hanya melayani lewat online untuk mendukung kegiatan #dirumahaja dan lainnya.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Instagram
Kategori
Latest Posts

Promo kemerdekaan diskon 17% semua paket hosting

By / Aug, 2

Multiple WordPress Dikelola Dengan Mudah Memakai Plugin

By / Jul, 5

Tips SEO Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

By / Jul, 3

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?