Pengertian dan panduan email marketing

Pengertian dan Panduan Email Marketing

Email marketing merupakan cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan para calon pelanggan sekaligus mengarahkan mereka agar bisa menjadi pelanggan setia anda. Berikut akan kami berikan panduan tentang bagaimana membangun email marketing anda dan apa saja fungsi dari email marketing.

Fungsi Email Marketing

Lebih dari 34% orang seluruh dunia memakai surat elektronik seperti email. Email marketing bersifat personal dalam berkomunikasi dengan para pelanggan. Tidak sembarang orang atau perusahaan bisa mendapat suatu alamat email. Selain itu, jika mendapatkan alamat email pun, maka mereka akan mengirim pesan atas dasar izin dari pengguna email yang dituju.

Tahap Membangun Email Marketing

Hal paling utama dan terpenting bagi anda atau perusahaan adalah meminta izin ke pelanggan atau calon pelanggan. Izin tersebut harus memuat dengan jelas inti dari pesan yang akan anda sampaikan. Jelaskan topik atau macam pesan seperti apa yang akan perusahaan atau anda kirim pada mereka lewat email marketing jika memang mereka mengizinkannya.

Membeli email list memang mungkin terlihat sebagai jalan pintas yang mudah dan menarik, akan tetapi sebenarnya ini tidak direkomendasikan. Selain itu, menambahkan email list dari kartu bisnis milik prang lain yang anda kumpulkan dalam konferensi tertentu juga tidak disarankan kecuali jika anda sudah mendapat izin atau memberitahukan mereka sebelumnya.

Anda tentunya tidak ingin membuat mereka yang berpotensi menjadi customer anda merasa kesal dan memandang anda sebagai perusahaan yang buruk atau hanya mencari keuntungan belaka serta tidak menghargai pelanggan.

Tipe Email Marketing

Ada beberapa tipe dari email marketing yang biasa dilakukan para pengusaha online seperti direct email, retention email dan beriklan pada email list milik orang lain.

  1. Direct Email

Direct email merupakan pesan yang anda kirim ke list email pelanggan di mana email itu berisi pesan tentang promosi atau penawaran. Direct email bisa berbentuk teks saja atau juga bisa berbentuk HTML berisi pesan dalam bentuk multimedia yang lebih menarik.

Ada cukup banyak pebisnis online yang sering keliru ketika memanfaatkan direct email pada pelanggang mereka dengan mengirim pesan promosi atau penawarna dengan terus menerus sehingga akan terkesan jika email tersebut berisi SPAM.

Pendekatan yang salah atau SPAM pada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk seperti pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email dari white list mereka atau unsubscribe.

  1. Retention Email

Retention email merupakan email yang anda kirimkan pada pelanggan lama supaya bisa tetap terhubung dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Ini sangatlah krusial untuk semua jenis bisnis. Isi dari pesan retention email umumnya memiliki tujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan juga pelanggan.

Ini adalah cara yang berbeda dalam menawarkan produk kepada para pelanggan. Dengan begitu, anda akan lebih mudah dalam memasarkan produk atau jasa baru pada para pelanggan dengan memakai pendekatan yang unik.

Untuk pengusaha yang memasarkan produk atau jasa secara online dan ingin selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maka harus mengirimkan email dengan teratur pada para pelanggan dan juga subscriber. Retention email ini tidak harus diisi dengan pesan promosi sebab akan lebih baik jika diselingi dengan beberapa informasi dan tips berharga yang juga penting diketahui para pelanggan.

Nantinya, pelanggan akan merasa senang dengan isi email tersebut dan akan terus setia sehingga bisa menumbuhkan bisnis anda secara terus menerus yang tentunya sangat penting untuk pengusaha khususnya yang memiliki bisnis pada market kompetitif.

  1. Beriklan Pada Email Orang Lain

Ini menjadi bentuk marketing efektif dalam pemasaran secara online. Untuk anda yang belum punya banyak email list atau subscriber, maka anda bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan cara membayar pada mereka supaya bisa mengirimkan email list tersebut di mana pada email tersebut terdapat pesan promosi bisnis anda.

Ada cukup banyak pemilik produk yang terbukti berhasil memasarkan produk mereka dengan cara ini. Mereka yang punya email list cukup banyak umumnya akan mau memasarkan produk orang lain agar bisa memperoleh keuntungan baik secara affiliasi atau dengan cara lainnya.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?