featured-image

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Open Rate Email Marketing

Ada cukup banyak teknik digital marketing yang bisa anda pakai ketika ingin mempromosikan bisnis. Namun sebelum berbagai strategi marketing bermunculan, email marketing sudah menjadi metode marketing yang banyak dipakai. Jika dieksekusi dengan tepat, maka email marketing bisa dipakai untuk promosi secara efektif.

Pentingnya CTR

Click through rate atau CTR merupakan rata rata dari jumlah user yang mengklik tautan dibandingkan user yang melihat email, website dan lainnya. Dalam email marketing, CTR mengartikan jumlah user yang membuka email serta klik CTA. Walau terlihat sederhana, namun ini merupakan tantangan paling besar untuk email marketer.

Strategi Email Marketing Untuk Meningkatkan Open Rate Serta ROI

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, berikut akan kami jelaskan tentang beberapa strategi email marketing yang bisa anda pakai untuk meningkatkan open rate serta ROI.

Pahami Tujuan Anda

Cara Meningkatkan Open Rate Email Marketing Dengan Pahami Tujuan Anda

 

Saat anda sedang merencanakan sebuah kampanye email marketing, maka anda harus mengetahui dengan pasti apa tujuannya. Tujuan ini berguna untuk membangun strategi yang berkaitan dengan hasil atau result oriented. Bisa dalam bentuk meningkatkan penjualan, komunikasi dengan pelanggan, traffic ke website dan lainnya.

Cari Nama Domain yang Tepat

Sebelum anda mulai mengirim email, maka pastikan anda telah memiliki domain yang tepat. Nama domain ini nantinya bisa membantu untuk memperoleh alamat email profesional. Contoh nama domain baru berekstensi unik diantaranya adalah Store, Tech, Space, Online dan sebagainya.

Untuk itu sebelum anda mulai mengirim email, maka pastikan anda sudah memiliki nama domain serta email yang profesional.

Buat Email Personal

Buat Email Personal

 

Dengan semakin banyak hal berbau digital dan lebih diakses, maka komunikasi ke konsumen juga semakin profesional. Email personal serta akrab bisa meningkatkan angka transaksi sampai 6x lipat. Anda bisa membuat email personal dengan mudah yakni dengan mengumpulkan data saat pelanggan sign up. Sesudah itu, anda bisa memakai data personal yang ada dalam email.

Sebagai contoh, anda bisa menambahkan nama pelanggan pada subjek email yang akan dikirimkan. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan CTR. Ini akan membuat pelanggan beranggapan jika email yang anda kirim memang hanya ditujukan khusus pada pelanggan tersebut.

Membuat Segmen Untuk Penerima Email

Anda juga harus mengetahui target audiens dari bisnis anda. Ini menjadi kunci sukses supaya anda bisa mengirim email secara tepat. Untuk itu, anda harus membagi penerima email pada kelompok atau pada segmen yang khusus.

Segmen ini dapat dibagi menjadi kebutuhan kebutuhan pelanggan. Contohnya seperti produk yang sudah pernah dibeli, topik yang disenangi pelanggan dan lainnya. Selain itu, anda juga dapat membuat segmen atas dasar industri, lokasi, konten atau jabatan.

Dengan begini, anda bisa mengerti bagaimana cara anda untuk berkomunikasi lewat email dengan para pelanggan. Akan tetapi yang harus anda ingat, pada saat berkomunikasi anda harus mengutamakan tujuan bisnis.

Baca Juga: Pengertian dan Panduan Email Marketing

Tulis Subjek Email Semenarik Mungkin

Tulis Subjek Email Semenarik Mungkin

 

Subjek email yang berukuran panjang tidak akan terlihat bagus saat dipakai untuk email. Bahkan, email yang sudah anda buat hanya bisa berakhir menjadi spam. Untuk itu, anda harus membuat subjek dengan singkat, mudah dimengerti, jelas serta bisa menjelaskan isi email yang dikirim.

Hal yang tidak kalah penting adalah menghindari pemakaian huruf kapital serta tanda seru. Hindari juga memakai kata yang bisa dianggap spam. Contoh kata spam diantaranya adalah gratis, murah, garansi, penawaran terbatas dan lainnya. Ini disebabkan beberapa kata tersebut menunjukkan terlalu jelas produk anda sehingga penerima akan malas membukanya.

Jika anda bisa, sebaiknya buatlah subjek yang bisa menambah rasa penasaran pelanggan. Sesudah itu, tambah dengan badan email untuk menarik minat pelanggan. Dengan begini, anda dapat meningkatkan open rate email marketing.

Letakkan Gambar Serta Call to Action yang Benar

Email yang penuh dengan teks membuat penerima email tidak lagi penasaran sehingga akan langsung menutup email. Namun jika email ditambahkan gambar yang tepat, maka bisa meningkatkan rasa penasaran pelanggan. Baik ketika email dibuka dengan desktop atau ponsel, maka tetap akan terlihat menarik. Email khususnya email promosi akan berpengaruh besar saat ditambahkan dengan email yang menarik.

Sesudah anda melengkapi email memakai gambar, pastikan anda membuat call to action dengan benar. Tanpa call to action yang tepat, maka kampanye email yang anda lakukan tetap bisa gagal. Email yang dikirim harus punya tombol CTA pada bagian akhir. Isilah tombol CTA dengan aksi yang spesifik sesudah pelanggan membaca email anda. Lakukan juga double check untuk memeriksa apakah tombol bisa membawa pelanggan ke halaman yang benar.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan tentang cara terbaik untuk meningkatkan open rate email marketing. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda memajukan bisnis online yang anda miliki

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?