/
Welcome Guest!
featured-image

Langkah – langkah yang harus dilakukan setelah membeli sebuah domain dan hosting

Langkah Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Sebuah Domain dan Hosting

Tidak sedikit orang yang merasa kebingungan hal apa yang harus dilakukan setelah membeli sebuah domain dan juga hosting. Seharusnya sebelum memutuskan untuk membeli keduanya, sangat disarankan untuk mencari informasi lebih lanjut terlebih dahulu agar masa aktif domain bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Pengalaman seperti itu, saya pun pernah mengalaminya saat masih menjadi seorang pemula. Namun saya harapkan kepada anda semua yang masih pemula, jangan sampai pengalaman galau seperti yang saya alami juga anda rasakan. Sungguh buang – buang waktu dan melewatkan begitu saja masa aktif domain yang anda beli.

Berikut ini saya adalah langkah – langkah yang harus dilakukan setelah membeli sebuah domain dan hosting. Yuk simak bersama – sama penjelasan lebih lanjut yang akan saya berikan

1.Rajin – Rajinlah Melakukan Pengecekan Email

Jika anda tidak mau repot harus bolak – balik melakukan pengecekan email, ada baiknya anda akifkan notifikasi email anda tersebut. Aktifkan ke semua perangkat digital anda agar lebih memudahkan. Jadi anda hanya melakukan pengecekan saat menerima notifikasi email yang masuk saja.

Isi dari email yang seringkali dikirimkan oleh pihak penyedia layanan jasa domain dan hosting meliputi akun client area, akun hosting dan akun domain (ketiga akun ini terhubung langsung ke pihak penyedia layanan yang bekerjasama dengan anda).

Perlu anda ketahui bahwasannya antara penyedia layanan satu dengan penyedia layanan lain tentu terdapat perbedaan format pengirimannya. Namun intinya pasti sama kok tetap memberikan informasi mengenai ketiga akun tersebut. Jadi anda tak perlu bingung.

2.Silahkan Login Terlebih Dahulu ke Area Klien

Jangan sekali – kali anda memberikan informasi mengenai akun kepada pihak yang tidak bisa dipercaya meskipun sebenarnya anda hanya minta bantuan kepadanya. Karena informasi pribadi tersebut bisa jadi disalah gunakan.

Selanjutnya anda bisa melakukan login terlebih dahulu ke area klien. Disana anda bisa mengetahui informasi lengkap mengenai detail billing ataupun panel yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap Cpanel hosting dan juga domain itu sendiri. Kemudian anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lakukan pengecekan lebih lanjut perihal informasi mengenai username dan juga password yang akan digunakan untuk masuk ke bagian Cpanel agar anda bisa mengaksesnya.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemerikasaan lebih lanjut perihal domain nameserver, apakah sudah tepat sasaran mengarah ke alamat IP dari server hosting yang diinginkan.

3.Silahkan Masuk ke CPanel

Untuk bisa mengelola dan mengatur website anda, maka anda harus terlebih dahulu masuk ke halaman CPanel. Setelah memasuki halaman utama CPanel, silahkan lakukan penginstalan WordPress terlebih dahulu jika memang anda ingin membangun website dengan menggunakan WordPress. Karena menurut pengamatan saya pribadi, saat ini sebagian besar website di dunia dibangun dengan menggunakan WordPress. Untuk melakukan penginstalan WordPress, anda bisa memanfaatkan fitur dari Softaculous salah satunya.

Softaculous merupakan auto installer yang sangat memudahkan anda dalam proses penginstalan WordPress. Langkah – langkah yang ditampilkan pun jelas sehingga tidak akan menyulitkan bagi anda seorang pemula sekalipun. Kemudian anda bisa juga membuat email custom dengan nama website anda sendiri. Misalnya saja seperti support@ijlhosting.com

4.Proses Desain Website

Sebelum memutuskan untuk mengonlinekan atau mengenalkan website anda ke ranah publik, sebaiknya anda benar – benar menyiapkan tampilan websitanya terlebih dahulu agar bisa menarik pengunjung.

Rencanakan matang – matang kapan waktu yang tepat untuk mengonlinekan website anda tersebut. Untuk proses desainnya, anda bisa mencari referensi – referensi website lain yang serupa dengan tujuan anda membuat website.

Manfaatkan berbagai tema gratis yang sudah disediakan oleh pihak WordPress. Jika anda mampu memanfaatkannya secara maksimal, tema gratispun bisa menghasilkan website yang menarik.

Konsep yang anda buat usahakan sesuai dengan tujuan dari website anda. Jangan lupa lengkapi dengan data – data yang diperlukan seperti halnya kontak atau pun informasi penting lainnya untuk memudahkan penggunanya saat mengunjungi situs website anda.

5.Website Anda Sudah Siap Untuk Dionlinekan

Setelah anda benar – benar yakin semua desain dan fitur siap dipublikasikan, sekarang saat yang tepat untuk mengonlinekan website anda tersebut. Selanjutnya anda bisa belajar mengenai SEO dan internet marketing untuk menarik minat pengunjung membanjiri laman situs website anda. Meskipun website anda statusnya dalam kondisi online, anda jangan senang dulu ya. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus anda lakukan sehingga website anda tersebut bisa benar – benar dikenal dan banyak pengunjung. Untuk bisa membuat website anda populer, membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam membangunnya. Jadi nikmati saja setiap prosesnya seiring berjalannya waktu. Ingat manfaatkan masa aktif domain dengan sebaik – baiknya agar website anda bisa segera masuk ke dalam one page google.

Untuk melengkapi semua kekurangan yang ada pada website anda, maka perbanyaknya membaca informasi – informasi yang dibutuhkan. Anda bisa menemukan tips – tipsnya di berbagai situs di internet. Asalkan ada kemauan disitu ada jalan.

Itulah langkah – langkah yang harus anda lakukan setelah membeli domain dan hosting. Dengan mengetahui prosesnya secara detail, diharapkan anda bisa memaksimalkan penggunaan domain tersebut untuk berbagai kegiatan yang mendatangkan keuntungan. Selamat mencoba dan semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua ya.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.