Apa Saja Jenis Jenis Virtual Private Server ?

Apa Saja Jenis Jenis Virtual Private Server ?

 

Virtual Private Server atau VPS merupakan sebuah server yang terbagi menjadi Virtual Machines [VM] yakni server yang bisa di install sistem operasi tersendiri. VPS merupakan teknologi server virtual yang bisa difungsikan seperti Dedicated Server dan banyak orang yang memakai VPS ini jika traffic dalam website sudah meningkat. VPS sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang akan kami ulas berikut ini.

 

  1. Open Vz

Ini merupakan jenis virtualisasi VPS pada level sistem operasi yang bekerja dalam shared kernel atau berbagi kernel dan merupakan jenis VPS paling umum sebab tingkat penggunaan resource-nya yang cukup rendah namun juga membuat banyak hosting provider yang menjualnya melebihi batas atau overselling.

Dengan ini, maka performa dari VPS anda bisa turun karena banyak VPS yang dijual untuk server yang dipakai. Open Vz tidak bisa memakai sistem operasi Windows sehingga jika anda ingin memakai Windows dalam VPS, sebaiknya beli VPS jenis KVM. Sedangkan untuk sistem operasi yang ditawarkan pada umumnya adalah parian Linux.

  1. KVM

Kernel based Virtual Machine atau KVM merupakan jenis virtualisasi VPS dalam level kernel sehingga VPS yang anda miliki bisa berinteraksi secara langsung dengan hardware yang menjadi keunggulan KVM dibandingkan dengan OpenVZ yang masih harus berkomunikasi dengan sistem operasi.

Jika anda membutuhkan virtualisasi penuh atau ingin instal Windows, BSD dan Solaris, maka KVM menjadi pilhan terbaik sebab mempunyai akses langsung pada perangkat keras dimana kemampuan KVM jauh lebih baik jika dibandingkan dengan OpenVZ dengan jumlah memori sama.

  1. Xen HVM

Xen HVM [Hardware Virtual Machine] adalah jenis virtualisasi tingkat kernel yang hampir serupa dengan KVM. Keunggulan dari Xen HVM ini adalah virtualisasi hardware penuh jika dibandingkan dengan OpenVZ dan sudah didukung juga dengan perusahaan Xen.

Untuk itulah, korporat akan lebih memilih Xen HVM ini untuk mengelola Virtual Machine miliknya dan menjadi jenis full virtualization HVM sehingga bisa di-install Windows. HVM sendiri juga lebih populer dimana menempati teknologi urutan ketiga terpopuler yang ditawarkan internet.

  1. Microsoft Hyper-V

Ini merupakan jenis virtualisasi VPS paling tepat jika anda ingin menggunakan sistem operasi Windows. HyperV ini memang memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis virtualisasi yang lain dan belum termasuk dengan biaya lisensi sistem operasi Windows.

Ini sangat cocok untuk developer yang ingin menggabungkan pengelolaan seluruh Virtual Machine dalam satu wadah ditambah lagi dengan control panel HyperV yang mempunyai GUI [Grpahical User Interface] sehingga akan memudahkan anda untuk menangani VM dalam server.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori
Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.