/
Welcome Guest!
featured-image

Perbedaan Cloud Hosting serta Web Hosting Tradisional

Hosting merupakan service yang dipakai untuk menyimpan data dalam sebuah website. Dengan layanan tersebut, informasi yang ada dalam website juga bisa diakses pengguna lewat internet. Data yang dimaksud disini berupa file dokumen, program sampai database. Untuk itu jika anda ingin website yang anda miliki bisa diakses banyak orang lewat internet, maka layanan hosting ini tidak boleh anda abaikan.

Biasanya, hosting disewakan dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Jika kapasitasnya semakin besar, maka harganya juga akan semakin tinggi. Dengan berbagai kebutuhan layanan hosting, maka tidak heran anda juga akan melihat begitu banyak pilihan.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas 2 jenis layanan hosting yakni cloud hosting dan juga web hosting tradisional yang meski terlihat sama, namun sebenarnya merupakan dua layanan berbeda.

 

Web Hosting Tradisional

 

Ini merupakan layanan hosting paling sering dipakai pengguna awam sebab sudah ada sejak lama dan sudah digunakan banyak orang. Dengan memakai layanan ini, maka data yang ada pada website anda akan disimpan dalam 1 server di sebuah hardware. Ada beberapa jenis web hosting yang biasa digunakan, seperti:

Shared web hosting: Shared hosting menjadi andalan bagi pemula dan orang awam karena murah dan bahkan ada yang gratis serta sudah banyak digunakan yang kapasitasnya akan dibagi lalu dipakai beberapa situs sekaligus.

Dedicated web hosting: Keseluruhan server dedicated web hosting hanya dipakai pemilik situs namun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting.

VPS web hosting: Anda masih akan berbagi server tetapi dibekali juga dengan sebuah server sehingga kapasitas penyimpanan memori dan CPU usage lebih luas sehingga meningkatkan performa situs anda.

Managed web hosting: Layanan hosting yang memberikan sebuah server sesuai dengan kebutuhan server namun biayanya lebih mahal meski anda tidak akan kesulitan dalam mengatur website.

 

Cloud Hosting

 

Cloud hosting merupakan inovasi layanan hosting yang memungkinkan anda untuk menyimpan data di sebuah cloud. Jika anda memakai cloud hosting, maka data anda akan disimpan pada sebuah server virtual di dalam internet. Layanan ini tidak memakai ruang penyimpanan fisik atau hardware seperti web hosting tradisional.

 

Perbedaan Cloud Hosting Serta Web Hosting Tradisional

 

Dari penjelasan singkat diatas sudah bisa terlihat gambaran tentang perbedaan cloud hosting dengan web hosting tradisional seperti fisik ruang penyimpanannya. Agar bisa lebih detail, silahkan simak ulasan tentang perbedaan cloud hosting serta web hosting tradisional selengkapnya berikut ini.

 

Perbedaan Performa

 

Perbedaan cloud hosting serta web hosting yang pertama adalah dari segi performa yang juga menjadi bahan pertimbangan ketika memilih hosting untuk website. Layanan ini menyediakan server yang dipakai oleh beberapa user secara sekaligus.

Ini mengakibatkan kapasitas ruang penyimpanan dan juga bandwidth yang tersedia sangat terbatas dan terkadang website butuh waktu yang lama untuk loading.

Sedangkan cloud hosting tidak mempunyai ruang penyimpanan fisik sebab pada dasarnya layanan ini adalah layanan virtual. Anda bisa memakai layanan ini dengan user lain, tetapi jika ada kendala seperti loasing lambat, maka server cloud akan segera dipindahkan oleh sistem sehingga anda tidak akan mengalami kendala tersebut dan bisa mempertahankan performa website.

 

  1. Perbedaan Kontrol Data

 

Untuk web hosting tradisional, anda harus berbagi dengan user lain sehingga tidak memiliki kendali utuh pada server yang sudah dibeli. Sedangkan cloud hosting, selama masih menyewa space tertentu, maka ruangan tersebut akan tetap dibawah control anda seutuhnya.

Jika pada web hosting tradisional anda bisa terkena dampak dari performa web yang lambat akibat bandwidth yang dibagi dengan user lain, maka hal ini tidak terjadi pada cloud hosting. Ini disebabkan karena cloud server bisa segera memindahkan anda ke server yang lebih luas ketika bandwidth terbatas.

 

  1. Perbedaan Biaya

 

Ketika memakai layanan dari web hosting tradisional, anda harus membayar server yang dipakai bersama dengan hardware meski ruang tersebut juga dipakai oleh user lain. Biaya nantinya akan bertambah saat anda memutuskan untuk membeli web hosting tradisional tipe dedicated.

Sedangkan dengan cloud hosting, anda hanya perlu mengeluarkan budget sesuai dengan layanan yang diperoleh. Bisa dikatakan jika biaya cloud hosting sama seperti membayar tagihan listrik atau langganan operator server.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.