featured-image

Panduan Untuk Pindah Hosting Antar cPanel Secara Lengkap

Sekarang ini, ada banyak panel control dari mulai sPanel, Vdeck, cPanel dan sebagainya. Dari semua panel control ini, cPanel yang banyak dipakai untuk layanan web hosting. Untuk itulah, cPanel banyak disediakan untuk pelanggan oleh layanan hosting.

Bahkan hingga sekarang, masih banyak penyedia yang menawarkan hosting ini. Untuk pemakaian jangka panjang dari cPanel ini tidaklah gratis. Anda harus membeli lisensi untuk mengaktifkan cPanel tersebut. Namun penyedia hosting kebanyakan telah memakai cPanel. Untuk itu, anda tidak harus membeli lisensi terpisah untuk mengaktifkannya.

Apa Penting cPanel?

cPanel

 

Jika anda memakai layanan VPS hosting, maka anda harus mengkonfigurasi memakai teks command. Ini biasanya membingungkan dibandingkan memakai tampilan antarmuka. Sebenarnya, pindah hosting antar cPanel bisa anda lakukan dengan mudah.

Contohnya ketika anda ingin mengarahkan domain menuju server. Ketika memakai teks perintah, maka ada beberapa command yang harus dijalankan. Ketika memasukkan domain juga manual sehingga memakan waktu. Sementara jika memakai tampilan tampilan antarmuka, anda hanya perlu menulis di kolom dan disimpan.

cPanel ini memudahkan anda dalam mengelola semua layanan hosting. cPanel dibuat untuk mengganti teks perintah dan tampilannya lebih menarik. Dari segi fitur dan keamanan juga selalu diupdate berkala. Untuk itulah banyak penyedia web hosting yang memakai cPanel hosting. Walau gratis, akan tetapi tidak berarti lisensi yang akan diberikan juga secara gratis. Lisensi ada di layanan hosting sehingga anda juga harus bayar layanan hosting.

Cara Pindah Hosting Antar cPanel

Untuk pindah hosting antar cPanel bisa dilakukan dengan beberapa cara. Proses migrasi sendiri bisa lebih mudah aabila penyedia layanan hosting lama sudah memakai cPanel.

1. Partial Backup and Restore

Pindah Hosting Antar cPanel

 

Langkah pertama adalah backup. Ada 3 buah file backup yakni Database, Home Directory serta Email.

  • Backup dari cPanel Lain

Silahkan anda login ke cPanel lama lalu buka menu Backup Wizard > Select Partial Backup. Nantinya akan ada 3 menu yakni MySQL Databases, Home Directory serta Email Forwardes & Emails.

  • Download Setiap Backup

Home directory adalah untuk semua isi file magaer termasuk sistem mail. MySQL Database untuk download database website. Sedangkan Email Forwardes & Emails untuk unduh konfigurasi Email Forwardes.

  • Restore ke cPanel

Sesudah backup di layanan cPanel lama, lanjutkan dengan restore cPanel. Nantinya, anda harus order setiap hosting agar memperoleh layanan hosting dengan cPanel yang tersedia. Anda kemudian akan masuk ke cPanel memakai akun yang dikirim ke email.

  • Login ke cPanel memakai username serta password.
  • Masuk ke Backup Wizard > Restore dan unggah file backup yang sudah digenerate.
  • Unggah setiap file backup satu persatu yakni Home Directory, MySQL dan Email Forwardes.
  • Sesudah selesai, website sudah ada di cPanel baru dan bisa anda coba akses.

Full Backup dan Restore

pindah hosting antar cPanel

 

  • Full Backup cPanel Hosting: Di akses, anda bisa full backup untuk menyimpan semua data di hosting.
  • Login di cPanel lalu pilih File Backup > Backup > Full Backup atau langsung klik Backup.
  • Pilih Home Directory untuk menyimpan semua file pada hosting. Masukkan email supaya memperoleh pemberitahuan jika proses sudah selesai. Kemudian, silahkan anda klik Generate Backup.
  • Sesudah selesai, file backup bisa didownload di menu Backup > Download a Full Website Backup.

Restore Full Backup

Full backup dapat dilakukan lewat Web Host Manager atau WHM. Namun, untuk klien tidak akan memperoleh akses ke WHM penyedia hosting. Jika memang anda ingin restore full backup, maka anda akan dibantu Technical Support. Anda nantinya bisa menghubungi melalui pesan di halaman transfer hosting online chat pada halaman website.

Untuk sekarang ini, cPanel memang menjadi control panel web hosting terbanyak dipakai. Namun penyedia layanan hosting serta domain juga sudah menyediakan cPanel hosting yang bisa anda pakai. Anda tidak perlu repot mengikuti panduan untuk pindah hosting antar cPanel. Ini disebabkan ada layanan customer support yang akan membantu anda 24 jam.

Terdapat 2 cara untuk backup serta restore di cPanel. Cara pertama adalah memakai partial backup dan yang kedua memakai full backup. Ketika anda melakukan partial backup, maka anda wajib mendownload 3 file secara terpisah. Beberapa dokumen yang harus didownload tersebut adalah Email Forwarders & Emails, MySQL, Home Directory serta MySQL Database. Sedangkan untuk proses full backup, akan ada satu file yang isinya seluruh data hosting. Proses restore full backup sendiri umumnya akan mendapat bantuan dari layanan hosting. Ini disebabkan karena anda memerlukan akses untuk menuju ke halaman utama dari web hosting manager.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?