featured-image

Control Panel Hosting Terpopuler Untuk Layanan Hosting

Control panel hosting adalah tool populer yang dipakai untuk mengatur layanan hosting. Dengan memakai tool ini, maka anda bisa mengatur nama domain, membuat serta mengatur akun email, instal aplikasi, unggah file website dan masih banyak lagi.

Anda bisa melakukan semua ini dengan masuk ke server. Namun ketika ingin memakai panel ini, maka anda harus seperti web developer yang punya pengetahuan cukup. Jika anda melakukan kesalahan meski kecil, maka situs bisa berantakan. Namun sisanya, panel web bisa dikatakan sederhana, intuitif dan juga hemat waktu.

Ada banyak control panel yang bisa anda temukan di internet. Seluruhnya didesain serta mempunyai ruang lingkup yang berbeda. Dalam ulasan kali ini, akan kami jelaskan tentang beberapa panel yang paling populer dan sangat mudah dipakai sebagai referensi.

1. cPanel

cPanel

 

Untuk cPanel hanya tersedia untuk OS Linux dan menjadi salah satu control panel terpopuler. Panel ini punya antarmuka grafis serta antarmuka manajemen server lewat WHM. Elemen elemennya bisa bekerja sama sehingga anda bisa mengatur website dengan mudah. Untuk itu, panel ini bisa digunakan untuk pemula atau developer yang mengutamakan console dibandingkan desain.

cPanel punya banyak fitur dalam satu halaman sehingga tidak harus klik banyak menu. Selain itu, semua fitur juga punya pilihan sehingga anda bisa gunakan untuk apa saja. Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan cPanel:

  • Membuat serta mengelola emai serta manajemen filter spam.
  • Mengatur, registrasi serta transfer nama domain.
  • Mencatat pengunjung serta error.
  • Memonitor performa server.
  • Membuat serta mengatur database.
  • Fitur keamanan seperti leech protection, IP blocker serta direktori terlindung dengan password.
  • Untuk backup serta otomatisasi.
  • Memiliki banyak aplikasi serta tool pihak ketiga supaya mningkatkan fungsionalitas.

2. Plesk

Plesk

 

Untuk control panel Plesk tersedia untuk Linux dan juga Windows. Panel ini tidak kalah populer dengan cPanel khususnya untuk penyedia hosting di Eropa. Karena tidak terlalu banyak control panel untuk Windows, maka Plesk dianggap sebagai panel ternyaman serta gampang dipakai.

Seluruh opsi akan dibagi menjadi beberapa kategori dan berbentuk daftar pada bagian kiri. Sedangkan untuk beberapa server bisa dikelola pada satu panel. Antarmuka panel ini sederhana serta intuitif yang bisa dilakukan hanya beberapa klik saja.

Fitur yang paling khas dari Plesk ini adalah berbagai tool otomatisasi. Tool ini bisa membantu anda untuk menghemat waktu untuk mengembangkan situs web. Plesk juga memiliki keunikan tingkat login yang terdiri dari 4 bagian. Seluruhnya mempunyai permission serta tanggung jawab berbeda, yakni:

  • Administrator: Merupakan level tertinggi untuk mengatur serta membangun sistem. Selain itu juga berguna untuk mengelola server.
  • Client atau reseller: Untuk membuat serta mengatur kelompok nama domain. Sedangkan untuk permission akan diberikan administrator.
  • Domain owner: Untuk mengatur nama domain.
  • Mail user: Level terendah untuk masuk ke antarmuka webmail serta mengatur filter spam, sandi dan sebagainya.

3. Direct Admin

Direct Admin

 

Direct Admin merupakan control panel untuk BSD dan juga sistem Linux. Ini adalah control panel yang stabil, cepat sekaligus mudah serta antarmuka panel yang user friendly. Selain itu, Direct Admin juga termasuk control panel yang memiliki harga paling murah.

Seluruh opsi akan disatukan dan diletakkan di bagian atas. Selain itu, Direct Admin yang merupakan control panel hosting juga sudah mendukung beberapa level akses yakni user, administrator serta reseller. Panel ini juga memiliki tool anti spam bawaan dan anda juga bisa pakai panel Direct Admin untuk melihat statistik pemakaian semua resource.

Panel ini punya banyak fitur dan opsi seperti pembuatan database, manajemen DNS, mengelola file dan sebagainya. Ciri khas dari panel Direct Admin ini ada di kesederhanaannya sebab anda tidak harus mengerti tentang teknologi.

Baca Juga: Panduan Dasar Domain Untuk Pemula

4. Webmin

Webmin

 

Webmin adalah control panel hosting untuk seluruh sistem Unix dan juga sebagian OS Windows. Untuk itu jika anda menginstal Webmin di Windows, tidak semua fungsi nantinya akan ditampilkan. Sebenarnya, Webmin tidak user friendly dan tidak sederhana. Akan tetapi desain panel membuat anda bisa dengan bebas melakukan kustomisasi.

Sebagai contoh, Webmin punya web server Apache yang bisa dipakai untuk konfigurasi instruksi serta fitur Apache. Ditambah lagi, developer panel ini juga membuat beberapa panel atas dasar cPanel Webmin. Ini berguna untuk menyesuaikan tujuan degan tipe hostingnya:

  • Usermin: Antarmuka web yang dipakai untuk mengatur filter email, mengelola email, kata sandi dan sebagainya.
  • Cloudmin: Antarmuka pemakai yakni untuk mengelola server virtual.
  • Virtualmin: Dipakai untuk kelola beberapa host virtual seperti contohnya Plesk.

Webmin memang bisa dikatakan tidak sesimpel panel yang lainnya. Akan tetapi, panel Webmin bisa anda pakai secara gratis. Selain itu, panel ini juga bisa diinstal untuk sebagian besar dari sistem operasi.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?