/
Welcome Guest!
featured-image

Panduan dasar domain untuk pemula

Panduan Dasar Domain untuk Pemula

Dalam dunia web terdapat dua istilah yang mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lain dalam proses kerjanya. Yang saya maksudkan dalam hal ini adalah domain dan hosting. Keduanya memang mempunyai hubungan yang erat dan tidak bisa dipisahkan.

Sekarang saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada anda semua, apakah sebelumnya anda pernah tahu jika faktanya alamat web yang seringkali anda kunjungi tersusun atas deretan angka yang merupakan identitas?

Nah deretan angka tersebut bernama IP address yang merupakan alamat dari server hosting dimana banyak file website yang disimpan di IP tersebut setiap harinya sesuai dengan data yang anda akses.

Saya ambil contoh deretan angka yang merupakan IP dari website – website populer di dunia seperti halnya Facebook dan Google. IP dari Facebook 66.220.156.668 dan IP dari Google 172.217.26.78. Perlu anda ketahui bahwasannya dengan mengetikkan alamat IP tersebut ke berbagai browser, maka anda sudah bisa mengunjungi situs Facebook dan juga Google.

Namun dalam hal ini munculah pertanyaan, jika seandainya untuk mengakses sebuah website harus mengetikkan alamat IP, apa bisa anda menghafal banyak alamat IP? Jawabnya tentu tidak bisa, masa iya setiap kali anda browsing harus menghafal satu persatu alamat IP website bersangkutan, tentu akan sangat menyulitkan para penggunanya bukan?

Bisa diambil kesimpulan dalam hal ini, dengan mengunjungi website menggunakan alamat IP tentu akan membuat sebagian besar orang merasa kesulitan. Karena jika dalam sehari anda ingin mengakses 20 situs, maka anda harus rela menghafal alamat IP ke 20 situs tersebut.

Dari masalah yang terlihat sangat rumit tersebut, akhirnya terciptalah yang namanya domain sebagai wakil dari alamat IP tersebut. Gunanya adalah untuk membantu memudahkan para pengguna saat menjelajah berbagai situs di browser.

Gambaran Secara Umum Cara Kerja dari Domain

Domain bisa diibaratkan sebagai alamat tempat tertentu. Misalnya saja untuk mengunjungi rumahtulishary.com, maka anda wajib mengetahui informasi mengenai alamat yang anda kunjungi tersebut. Tanpa mengetahuinya, rasanya mustahil untuk bisa mengunjunginya. Dalam prakteknya, nama domain sendiri di seluruh dunia antara satu dengan yang lain tidak ada yang sama persis, termasuk ekstensi yang melekat di belakang nama domain tersebut.

Domain memiliki masa aktif yang sudah ditentukan yakni minimal 1 tahun lamanya. Setelah masa aktif habis, anda wajib melakukan perpanjangan. Agar anda bisa lebih paham mengenai masa aktif domain, sebaiknya anda pahami ulasan mengenai alur hidup dari domain itu sendiri. Di bawah ini saya akan berikan sedikit penjelasan :

1.Proses Pendaftaran

Saat setelah anda melakukan pendaftaran nama domain, maka secara otomatis semenjak anda berhasil melakukan pendaftaran, nama domain tersebut telah aktif. Dan jangka waktu aktifnya adalah 1 tahun (365 hari).

2.Masa Tenggang

Kemudian jika penggunaan domain sudah melebihan masa aktif yakni 365 hari, secara otomatis nama domain tersebut sudah memasuki masa tenggang. Jika anda belum melakukan perpanjangan dan memasuki fase ini, maka akses ke website anda tidak akan tampil dalam durasi waktu hingga 40 hari. Selama 40 hari masa tenggang ini berjalan, anda masih bisa melakukan perpanjangan.

3.Masa Penebusan

Jika anda sudah memasuki fase ini karena tidak menghiraukan masa tenggang yang hanya diberikan selama 40 hari saja, biaya yang akan anda keluarkan untuk melakukan penebusan sangatlah mahal.

Menurut pengetahuan yang saya miliki, biasanya nominal penebusan hingga mencapai 10 kali lebih banyak berdasarkan harga pendaftaran yang anda lakukan. Wah hal ini jangan sampai terjadi ya, sebaiknya anda melakukan perpanjangan sebelum masa tenggang habis. Karena kerugian yang didapatkan akan anda tanggung sendiri. Untuk masa penebusan sendiri diberikan waktu sampai 30 hari lamanya.

4.Masa Tunggu untuk Proses Penghapusan

Setelah melewati masa penebusan, selanjutnya domain anda akan memasuki masa tunggu untuk proses penghapusan dalam kurun waktu 5 hari. Jika sudah begini, mau tidak mau anda hanya bisa pasrah sampai benar – benar domain tersebut dihapus oleh registrar.

Jika sudah terhapus, anda bisa mendaftarkan kembali nama domain tersebut agar bisa digunakan. Konsekuensinya, website yang mungkin saja dulunya sudah ramai pengunjung, maka anda harus memulai untuk membangunnya dari awal.

Hikmah yang bisa diambil dalam alur hidup domain ini adalah, sebagai pengguna sudah seharusnya anda memahami alur hidup dari domain tersebut. Agar kerugian yang mungkin saja terjadi karena ketidaktahuan bisa dihindari.

Mengenal ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Istilah ini mungkin bagi sebagian orang memang sangat asing. Namun sebenarnya secara tidak sengaja saat anda melakukan browsing, pasti pernah berjumpa dengan ekstensi – ekstensi domain yang berbeda – beda.

Misalnya saja .jp, .id, .us, .uk dan lain sebagainya. Perbedaan yang ditunjukkan tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai pengenal darimana website tersebut berasal. Keberadaan ccTLD ini sangat membantu untuk mengidentifikasi siapa pemilik website tersebut berdasarkan kode negara.

  • .uk : ekstensi negara United Kingdom
  • .jp : ekstensi negara Jepang
  • .id : ekstensi negara Indonesia
  • .us : ekstensi negara United States
  • dan lain sebagainya.

Dengan menyimak lebih dalam mengenai informasi panduan dasar domain untuk pemula, diharapkan anda bisa lebih mengenal domain dan tak lagi bingung karena hanya membayangkannya saja tanpa mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Semoga sedikit pengetahuan yang saya punyai tersebut bisa membantu dan membawa banyak manfaat ya.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.