featured-image

Kenali Lebih Jauh Tentang Domain dan Tingkatannya

Kenali Lebih Jauh Tentang Domain dan Tingkatannya

Jika diartikan secara sederhana, domain merupakan alamat atau nama yang dipakai untuk mengenali server komputer, web server atau mail server. Tingkatan domain nantinya bisa mempermudah pengguna saat mengingat alamat server. Domain juga erat hubungannya dengan server atau hosting meski keduanya memiliki perbedaan.

Pengertian Domain

Pengertian Domain

 

Domain merupakan nama atau alamat yang dipakai supaya bisa mengenali web server, server komputer atau mail server. Domain ini penting untuk memudahkan pengguna agar bisa mengingat alamat server.

Jika dibuat menjadi ilustrasi, maka saat anda berkunjung ke pasar swalayan, akan ada banyak barang kebutuhan yang dijual. Domain bisa diibaratkan sebagai nama pasar swalayan yang sedang anda kunjungi. Sementara untuk server atau hosting merupakan bangunan fisik tempat untuk menyimpan segala barang atau pada konteks server dipakai untuk menyimpan berkas seperti video, teks atau foto yang diunggah untuk kebutuhan web.

Dengan kata lain, domain butuh hosting atau server agar bisa dibuka menjadi alamat situs. Ini sama seperti swalayan yang butuh bangunan fisik agar bisa memajang semua barang yang akan dijual.

 

Tingkatan Domain

Tingkatan Domain

 

Domain sendiri memiliki beberapa tingkatan seperti yang pertama adalah Top Level Domain atau TLD yakni deretan kata yang ada di belakang nama. Contohnya adalah .net, .com. .org, .edu, .mil, .gov dan masih banyak lagi.

TLD tersebut kemudian dibagi kembali menjadi 2 bagian yaitu Global Top Level Domain atau gTLD serta Country Code Top Level Domain atau ccTLD. gTLD merupakan evel domain untuk pengguna umum. Sementara untuk ccTLD merupakan TLD domain khusus untuk beberapa negara tertentu seperti Indonesia dengan kode ID [co.id, or.id, net.id dan sebagainya].

 

Second Level Domain

Untuk tingkat domain kedua adalah Second Level Domain atau SLD. Ini berbeda dengan RLD sebab SLD merupakan domain yang saat akan anda beli, maka bisa didaftarkan seperti keinginan anda.

Selain itu, tingkatan domain ini juga bisa anda beli kemudian didaftarkan. Namun, umumnya anda akan dikenakan biaya registrasi yang juga waib diperbarui setidaknya setiap satu tahun sekali.

 

Third Level Domain

 

Untuk third level domain biasanya disebut dengan sub domain. Nantinya anda bisa membuat domain sesuai keinginan tanpa harus didaftarkan lebih dulu. Sesudah anda punya domain SLD ditambah hosting, maka nantinya anda bisa buat sub domain sesuai keinginan anda.

 

Baca Juga: Jenis Jenis Hosting Untuk SEO yang Penting Untuk Diketahui

 

Sejarah Perkembangan Domain

Sejarah Perkembangan Domain

 

Untuk pertama kalinya, domain yang didaftarkan tercatat pada tahun 1985 dengan nama symbolics.com dari pabrik komputer Massachusetts. Sedangkan pada akhir tahun 1985, hanya baru ada 6 domain di dunia yang didaftarkan.

10 tahun berikutnya yaitu pada tahun 1995, National Science Foundation sudah mulai mematok untuk siapa saja yang mau mempunyai domain. Di saat itu, kontrak 2 tahun mengharuskan pemilik domain membayar sekitar $100.

Pada era 1990-an, penamaan domain serta pemakaiannya sudah diatur pemerintah Amerika Serikat lewat Privatisasi Sistem Nama Domain atau DNS. Ini bertujuan untuk meningkatkan kompetisi sekaligus mendorong partisipasi Sistem Nama Domain atau DNS.

Akan tetapi, kebijakan tersebut kemudian mulai diprotes dan akhirnya terbentuk Internet Corporation for Assigned Name and Numbers atau disingkat ICANN yang berguna untuk regulator domain mengganti pemerinta Amerika Serikat.

Kemudian di era 2000-an, kepemilikan domain sudah tidak lagi didominasi perusahaan serta institusi pemerintahan. Domain sudah mulai dilirik secara perorangan dan situs untuk memperkenalkan eksistensi serta media personal branding.

Menurut Mike Mann, pada tahun 2012 ada 14.962 domain yang sudah didaftarkan selama 24 jam. Untuk itu bisa dibayangkan sudah berapa banyak domain yang sekarang ini terdaftar dari seluruh dunia.

Sedangkan untuk anda yang memang ingin membeli nama domain, sekarang ini sudah bisa dilakukan secara mudah. Anda hanya perlu berkunjung ke perusahaan registrar yang sudah terdaftar sehingga bisa mendapatkan domain yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2020 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?