/
Welcome Guest!
featured-image

Cara Memilih Domain yang Bagus

Cara Memilih Domain yang Bagus

Sebagai pemula yang ingin mempunyai sebuah website dengan berbagai tujuan, kegalauan dalam menentukan pilihan domain seringkali terjadi. Hal ini wajar terjadi karena ketidakpahaman mengenai cara memilih domain yang bagus dan sesuai dengan tujuan pembuatan website itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai cara memilih domain yang bagus. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

1.Hindari Penggunaan Domain Gratisan

Cara memilih domain yang bagus pertama adalah hindari penggunaan domain gratisan. Jangan bahagia jika anda mendapatkan penawaran domain gratis yang bisa anda nikmati hingga 1 tahun lamanya. Biasanya dibalik penawaran yang akan anda gunakan tersebut, dibaliknya terdapat syarat dan ketentuan.

Kerugian mungkin bisa anda alami di kemudian hari, jika akses domain tak bisa dijangkau lagi tanpa pemberitahuan apapun dari pihak pemberi layanan. Bayangkan saja jika website anda sudah banjir pengunjung karena konten – konten yang anda buat secara berkala, kerugian pasti anda dapatkan baik itu dari segi finansial atau pun waktu. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan lebih baik menggunakan domain berbayar saja agar lebih aman.

2.Hindari Penggunaan EMD dan Pilih Saja Brandable Domain

Cara memilih domain yang bagus kedua adalah hindari penggunaan EMD dan pilih saja brandable domain. Meskipun di lingkungan para blogger antara penggunaan EMD dan juga brandable domain masih sering terjadi adu argumen, saya tetap menyarankan penggunaan brandable domain lebih baik.

3.Hindari Penggunaan Trademark

Cara memilih domain yang bagus ketiga adalah hindari penggunaan trademark. Pemilihan nama domain yang mengandung trademark sangat beresiko tinggi terhadap tuntutan denda atau pun pidana. Misalnya saja anda memutuskan untuk menggunakan nama domain mbahgoogle.com.

Dengan menggunakan nama google sebagai unsur domain anda (trademark), bisa saja suatu saat pihak google akan mengajukan tuntutan kepada anda untuk membayar sejumlah denda. Meskipun kelihatannya remeh, namun efeknya bisa merugikan anda sendiri. Jangan hanya mempertimbangkan branding untuk mendongkrak kesuksesan bisnis anda, namun pertimbangkan juga dampak jangka pendek dan panjangnya.

4.Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Cara memilih domain yang bagus ke empat adalah pilih ekstensi domain yang tepat. Penggunaan ekstensi domain .com sangat disarankan karena di ruang lingkup global, ekstensi tersebut sudah sangat populer. Alternatif kedua jika anda merasa kesulitan saat mencari nama domain dengan ekstensi .com adalah .net atau pun bisa menggunakan ccTLD atau country code top level domain (misalnya .id, .jp, .uk yang merupakan identitas negara).

5.Ciptakan Domain yang Unik, Memiliki Ciri Khas dan Pesan Tersirat

Cara memilih domain yang bagus ke lima adalah ciptakan domain yang unik, memiliki ciri khas dan pesan tersirat. Usahakan untuk membuat nama domain yang belum pernah ada dan sesuai dengan tujuan awal anda membuat website. Misalnya saja anda ingin membuat nama domain untuk kepentingan bisnis, maka saya sarankan untuk membuat domain yang sesuai dengan bidang bisnis yang anda jalankan. Misalnya saja rumahtulishary.com yang menawarkan bidang jasa penulisan.

6.Domain Harus Mudah Diucapkan, Diingat atau pun Diketik

Cara memilih domain yang bagus ke enam adalah domain harus muda diucapkan, diingat atau diketik. Hindari pemilihan domain dengan susunan huruf dan kata yang susah diketik, diingat atau pun diucapkan. Dampaknya adalah pengunjung yang datang ke website anda akan sepi.

Contoh sederhananya seperti ini, jika anda adalah pengusaha yang bergerak di bidang jasa, pasti akan sering ada pertanyaan dari konsumen. Pak alamat websitenya apa ya? Nah disinilah letak masalahnya mengapa nama domain itu harus mudah diucapkan, diingat atau diketik, agar para pengguna lain mudah dalam mengaksesnya.

7.Hindari Pemilihan Domain yang Mengacu Pada Trend

Cara memilih domain yang bagus ke tujuh adalah hindari pemilihan domain yang mengacu pada trend. Misalnya saja anda ingin menargetkan para pengunjung pecinta burung di tahun 2019 ini, belum tentu tahun – tahun berikutnya tren burung masih booming.

8.Hindari Penggunaan Domain Setengah Pakai atau Bekas

Cara memilih domain yang bagus ke delapan adalah hindari penggunaan domain setengah pakai atau bekas. Nama domain yang sudah pernah didaftarkan dan ternyata expired, jika namanya anda gunakan akan sangat beresiko. Siapa tahu dulunya website tersebut digunakan untuk menyebarkan konten – konten negatif, banya terdapat spam atau virus, tentu anda sendiri nantinya yang akan rugi.

9.Daftarkan Nama Domain yang Sudah Dipilih Pada Layanan yang Terpercaya

Cara memilih domain yang bagus ke sembilan adalah daftarkan nama domain yang sudah dipilih pada layanan yang terpercaya. Dengan mempercayakan kepada layanan jasa penyedia domain yang sudah handal, tentu akan memudahkan anda dalam hal apapun termasuk jika ada kendala bisa segera teratasi.

Demikian cara memilih domain yang bagus yang bisa saya berikan untuk anda semua. Diharapkan dengan membaca artikel kali ini, anda bisa lebih bijak dalam memilih domain, sehingga tujuan anda membuat website agar mendapatkan kesuksesan. Semoga bisa sedikit banyak membantu dan membawa manfaat bagi anda semua ya.

Klik disini untuk beli domain

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2019 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.
×

Hello!

Untuk tanya jawab dan konfirmasi pembayaran silahkan chat whatsapp.

Klik Nama CS.

× Ada yang bisa kami bantu ?