/
Welcome Guest!
featured-image

Panduan PPC atau Pay Per Click Marketing Dalam Bisnis

Pay Per Click atau disingkat PPC merupakan jenis digital marketing di mana sebuah bisnis akan membayar setiap kali iklan yang mereka miliki di-klik. PPC bisa dikatakan sebagai cara untuk membeli kunjungan atau visit ke website yang anda miliki dan bukan untuk memperoleh traffic website secara organic dan menjadi salah satu strategi content marketing terbaik untuk pemasaran bisnis.

PPC sendiri terdiri dari beberapa macam iklan, yakni:

 

Search Advertising

 

Search advertising merupakan jenis PPC yang paling terkenal. Ini merupakan jenis iklan yang muncul di search engine result page atau halaman hasil pencarian seperti Bing dan juga Google. Jika anda melihat sesuatu di Google, maka mungkin anda akan menyadari jika hasil yang ada di urutan paling atas memiliki logo Ad berukuran kecil pada bagian depannya.

Itu merupakan iklan dan jika anda klik, maka pemasang iklan tersebut baru akan membayar biaya advertising. Jenis PPC ini bisa dikatakan sebagai jenis PPC yang paling cepat menghasilkan traffic website.

Untuk melakukan search advertising di Google, maka anda bisa menggunakan produk advertising Google yakni Google Ads.

 

Social Advertising

 

Anda mungkin pernah melihat iklan semacam ini ketika anda sedang scroll feed Instagram atau Facebook yang anda miliki. Meski biasanya dikategorikan sebagai social media marketing, ini juga sebetulnya merupakan bagian dari PPC. Sama seperti search advertising, anda juga hanya akan membayar apabila jika ada yang meng-klik link yang anda sertakan pada postingan social social media tersebut.

 

Remarketing

 

Ketika anda pernah berkunjung ke website dan melihat iklan muncul di website lain atau feed social media anda, maka ini dinamakan dengan remarketing. Ini juga adalah salah satu metode PPC yang efektif sebab strategi ini menargetkan orang yang memang sudah tertarik dengan brand, website atau bisnis anda. Remarketing memiliki sifat mengingatkan pengunjung website supaya bisa kembali lagi ke website anda serta melakukan transaksi.

 

Display Advertising

 

Display advertising akan memperlihatkan iklan anda di semua website partner Google. Anda bisa memilih audience iklan supaya bisa lebih tepat sasaran. Dengan ini, maka anda tidak akan membuang waktu serta biaya. Memakai text dan juga gambar nantinya akan membuat iklan anda semakin menarik.

 

Google Shopping

 

Jika anda sedang mencari sesuatu barang di Google, maka anda mungkin pernah melihat beberapa kotak yang mengarahkan anda ke halaman produk yang sedang anda cari di e-commerce.

Jika memang bisnis anda bergerak di bidang e-commerce, maka Google Shopping bisa membantu sebab pembeli bisa melihat langsung gambar dari barang, nama produk serta harga sebelum masuk ke website yang anda miliki. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya transaksi akan lebih tinggi dan return on investment atau ROI juga bisa semakin maksimal.

 

Pentingnya PPC

 

Berikut ini akan kami berikan beberapa alasan kenapa PPC harus dilakukan supaya bisa memaksimalkan traffic website yang anda dapatkan.

 

Target Customer Lebih Tepat

 

Memasang iklan dengan PPC akan mengizinkan anda untuk menargetkan audience lebih tepat sasaran. Ada banyak pilihan ketika anda mengatur iklan pay per click seperti hobi, demographics dan juga device yang mereka pakai.

Karena sekarang ini semakin banyak orang yang mengakses website memakai smartphone, maka tentunya bisa memberikan keuntungan tersendiri. Anda juga bisa melakukan re-targeting untuk menarik kembali orang yang sudah mengunjungi website anda supaya bisa melakukan transaksi.

 

Budget Bisa Terkontrol

 

Memasang iklan umumnya butuh biaya besar. Jika anda memakai PPC, maka anda tidak perlu takut karena budget PPC bisa dikontrol. Dengan PPC tersebut, anda bisa mengatur budget bulanan dan juga harian supaya tidak melebihi budget.

Budget PPC juga bisa anda edit dan disesuaikan kapan pun anda inginkan. Untuk itu jika anda ingin menambah budget sesudah melihat hasil positif, maka anda bisa melakukannya kapan saja. Semakin tinggi budget yang anda miliki, maka anda akan semakin sering melihat ads anda yang muncul. Kadang, keyword yang lebih banyak yang dipakai juga butuh biaya yang lebih besar.

Post Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2018 IJL Hosting. All Rights Reserved. Harga Hemat Kapasitas Bersahabat.