Pengertian dan Konsep Konsep Dasar SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan usaha untuk memperoleh ranking paling baik dalam mesin pencari supaya bisa memperoleh kunjungan di website dengan memperhatikan beberapa faktor tertentu sesuai dengan alogaritma sebuah mesin pencari.

SEO dibagi menjadi 2 yakni On Page SEO serta Off page SEO. SEO on Page merupakan upaya untuk memperoleh ranking pada mesin pencari dengan cara mengoptimalkan performa di bagian atau struktur halaman itu sendiri. Sedangkan SEO on Page adalah optimasi yang dilakukan dari luar halaman yang akan mendukung eksistensi halaman utama bisa berbentuk backlink, social share dan sebagainya.

Istilah Dalam SEO

Ada beberapa istilah yang sebaiknya harus anda pahami ketika berbicara mengenai SEO, seperti:

• Backlink atau Inbound Link: Link yang mengarah ke situs web anda.
• Outbound link: Link yang mengarah ke situs web lain dari situs web yang anda miliki.
• Black Hat SEO: Tekni dalam SEO untuk menaikkan peringat yang sebetulnya dilarang.
• White Hat SEO: Teknik SEO yang sudah umum digunakan.
• PageRank [PR]: Alogaritma pencarian pertama kali oleh Google yang sekarang digantikan oleh Google Panda, Penguin serta alogaritma alogaritma baru yang lain.

Kelebihan SEO

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan SEO, beberapa diantaranya adalah:

• Mendatangkan pengunjung secara gratis di mana semakin tinggi ranking website yang anda miliki pada mesin pencarian, maka akan semakin banyak juga jumlah pengunjung yang anda peroleh.
• Memotong biaya iklan di mana jika anda sukses memperbaiki ranking website pada halaman pencarian, maka secara otomatis website anda juga semakin mudah ditemukan serta mengurangi anggaran beriklan.
• Mudah terkenal di mana jika website anda ada di peringkat yang bagus, maka orang akan mengingat alamat website yang anda miliki tanpa harus melewati perantara mesin pencari.
• Terdapat software atau website pendukung untuk melakukan optimasi meliputi riset kata kunci, update ranking dan juga saran optimasi untuk menduduki peringkat pertama.

Kekurangan SEO

Meski bisa memberikan beberapa keuntungan, namun ada juga beberapa kekurangan SEO yang sebaiknya anda ketahui.

• Butuh waktu dan kesabaran di mana anda harus melakukan monitoring pada proses optimal SEO dan perkembangannya dengan berkala supaya website anda bisa mendapatkan peringkat yang bagus sekaligus mempertahankannya.
• Peringkat website bisa menurun yang bisa terjadi ketika ada website lain yang punya halaman dengan konten lebih relevan, lebih lengkap dan juga bisa menjawab semua kebutuhan pengguna mesin pencarian.
• Terdapat juga hal teknis dan non teknis yang harus anda kuasai supaya bisa mengetahui faktor apa saja yang bisa mengakibatkan ranking website anda memperoleh ranking yang bagus atau bahkan sebaliknya.
• Selalu update dengan alogaritma mesin pencari yang bisa berubah kapan saja supaya website anda tetap mengikuti aturan yang ada dan juga memiliki performa yang bagus.
• Persaingan juga cukup ketat di mana jika website yang anda miliki menyediakan informasi penting atau dipakai untuk bisnis online, maka akan semakin berat untuk melakukan optimasi sebab ada banyak website yang juga ingin ada di peringkat teratas dengan melakukan SEO.

Implementasi SEO bisa dikatakan bukanlah sebuah hal yang baru. Hampir setiap hari kita memakainya untuk mencari informasi lewat internet seperti membuka Google dengan memakai kata kunci tertentu. Intinya, SEO berpusat untuk menyediakan konten yang menarik baik itu untuk pengunjung atau untuk mesin pencari.

Akan tetapi terkadang ketika menulis konten, kedua syarat tersebut tidak bisa diimplementasikan dengan maksimal. Konten yang bertujuan untuk kebutuhan SEO bisa saja tidak terlalu nyaman untuk dibaca para pengunjung dan hasilnya user experience tidak begitu diperhatikan.

Open chat
Scan the code
IJLHosting
Hello 👋
Can we help you?